28
Feb
08

Cara Memilih perguruan tinggi..

muka-t3mbok083.jpgMasih bingung mau kemana setelah selesai SMU? Memang tidak mudah memilih kuliah yang pas di hati dan kemampuan. Ada banyak faktor yang musti dipertimbangkan supaya begitu kita masuk ke kuliah pilihan tidak ada rasa penyesalan.

Gali dan temukan minat
Banyak lo teman-teman kita yang sudah kuliah tapi belajarnya setengah hati. Pasalnya, kuliah yang dipilih ternyata tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Jadi deh kuliahnya keteter. Sayang dong.
Sebelum mulai memilih perguruan tinggi (PT) yang ada, pastikan kita tahu minat, dan juga bakat yang ada pada diri kita. Kenapa? Supaya kita nantinya bisa kuliah dengan tenang dan nyaman, tidak ada rasa nyesel.

Sesusah apapun pelajarannya, karena senang, kita tetap semangat saja ngelakoninya. Apalagi kalau ditunjang ama bakat yang memang ada, top abis deh. Kita bisa tanya ke lembaga psikologi terapan buat tes minat dan bakat. Tapi, ingat lo, keputusan final ada pada kita karena nanti yang merasakan masa-masa kuliah itu ya diri kita sendiri.

Pertimbangkan bakat
Kita mungkin sekarang punya banyak pilihan kuliah yang sesuai dengan minat. Tapi kalau memilih sekedar pakai perasaan saja tanpa memikirkan logika, wah bisa pusing terus nanti. Jadi, setelah punya beberapa pilihan kuliah yang disukai, mulailah mencari informasi yang banyak.

Hal yang perlu diperhatikan adalah mata pelajaran apa saja yang dipelajari nanti pada kuliah tersebut. Nah, disini peran bakat dan kemampuan sangat menentukan. Perkecil pilihan dengan mencoret jurusan kuliah yang menurut kita tidak sesuai dengan potensi yang ada, walaupun kita demen banget. Ini lebih baik ketimbang nantinya kita keteter, rugi waktu dan juga ongkos.

Faktor lain yang juga menentukan adalah lamanya kuliah, reputasi perguruan tinggi dan biaya semasa kuliah. Kita akan bahas masalah ini lebih dalam pada topik mendatang.

– Dirangkum dari berbagai sumber.


0 Tanggapan to “Cara Memilih perguruan tinggi..”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar




chat donk….

Harimu

Februari 2008
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

RSS News Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Flickr Photos